Atraksi Dari Pulau Papua Terbaru – Saat berkunjung ke Pulau Papua, ada banyak hal yang bisa dilakukan dan dilihat. Anda dapat merasakan keindahan alamnya, menjelajahi satwa liarnya, dan mengikuti aktivitas yang akan mengajarkan Anda lebih banyak tentang sejarahnya.

Atraksi Dari Pulau Papua Barat

Papua adalah salah satu provinsi di Indonesia. Itu terletak di barat New Guinea. Populasi Papua diperkirakan mencapai 551.791 jiwa pada sensus pertengahan tahun 2021. Pada saat yang sama, Papua Barat memiliki 1.134.068 jiwa.

Tanah di Papua bercirikan tebing dan lereng. Ada juga beberapa danau di Papua. Ini termasuk Danau Ayamaru dan Anggi Giji di Kabupaten Maybrat, dan Danau Yamur di Kabupaten Manokwari.

Papua memiliki luas total 760.422 kilometer persegi. Batasnya hampir sama dengan batas provinsi Hindia Belanda West New Guinea. Berbatasan dengan Samudera Pasifik, Laut Banda, Laut Seram, dan Laut Halmahera.

Papua memiliki beberapa pulau. Pulau terbesar adalah Raja Ampat. Pulau ini adalah hotspot keanekaragaman hayati yang populer. Dikelilingi oleh terumbu karang. Di pesisir utara dan barat Papua terdapat kota Fakfak.

Pada awal abad ke-21, kelompok etnis pribumi merupakan dua pertiga dari populasi. Minoritas lainnya adalah Muslim dan Hindu. Beberapa komunitas berbicara dalam berbagai bahasa Papua.

Atraksi Dari Pulau Papua Danau Sentani

Danau Sentani adalah tujuan wisata populer di Papua. Ini memiliki pemandangan laut yang luar biasa bagus dan juga merupakan habitat utama ikan gergaji. Obyek tersebut terletak di wilayah Jayapura dan mudah dijangkau dengan kendaraan bermotor.

Danau Sentani kaya akan flora dan fauna. Faktanya, kawasan ini merupakan rumah bagi empat dari tiga puluh spesies ikan endemik. Hewan lain di kawasan ini antara lain pegunungan dan lembah Abepura dan Cagar Alam Cyclops.

Danau Sentani dinamai berdasarkan objek yang konon dikandungnya. Menurut sebuah penelitian yang dilakukan pada tahun 2007 oleh penulis dengan nama yang sama, objek ini merupakan yang terbesar di Papua. Hal ini karena memiliki total luas permukaan 9.360 hektar.

Terletak di jalan antara Jayapura dan Kota Jayapura, mudah dijangkau dengan kendaraan bermotor. Saat berada di sana, Anda berkesempatan untuk melihat “Tepi Jendela” atau “Bukit Teletubbies”, yang merupakan dua Teletubbies paling terkenal di dunia.

Papua Tengah

Papua Tengah adalah sebuah provinsi di Indonesia yang awalnya merupakan bagian dari wilayah Puncak Jaya. Pada tahun 2003, provinsi ini dipecah menjadi dua, Papua dan Papua Barat. Hampir semua perjalanan di Papua dilakukan melalui udara.

Ibu kota provinsi ini adalah Nabire. Semula ada empat kabupaten, Paniai, Dogiyai, Mimica, dan Puncak Jaya. Namun, sejak tahun 1970-an, ekstraksi sumber daya di kawasan Tembagapura terganggu oleh perang gerilya dan konflik jangka panjang.

Tanaman utama Papua meliputi kacang tanah, jagung, dan singkong. Rumput laut juga diproduksi. Perikanan penting, menghasilkan teripang dan berbagai macam ikan bersirip. Sebuah sektor manufaktur kecil dipekerjakan.

Fauna Papua mencakup berbagai mamalia, reptil, dan burung. Beberapa mamalia yang lebih umum adalah tikus air, buaya, dan ular. Hewan ini umumnya lebih mirip dengan Australia daripada Selandia Baru. Beberapa jenis ekidna ditemukan di wilayah tersebut.

Sejumlah suku terlibat dalam pertanian. Industri lainnya adalah kehutanan dan perikanan. Tanaman pangan utama Papua adalah padi, kacang tanah, dan jagung. Produk lainnya termasuk minyak kelapa sawit, pala, dan kakao.

Dataran Tinggi Papua

Salah satu area eksplorasi baru di New Guinea adalah Dataran Tinggi Papua. Pegunungan dataran tinggi ini dihuni oleh banyak kelompok suku. Ada ratusan bahasa yang berbeda. Sebagian besar bahasa ini tidak terkait. Namun, mereka semua adalah bagian dari kelompok bahasa yang disebut bahasa Papua.

Suku Dani adalah suku pengayauan yang paling ditakuti di pulau itu. Mereka berjuang keras untuk wilayah mereka. Berbeda dengan suku Papua lainnya, mereka tidak memakan musuhnya.

Komunitas dataran tinggi lainnya adalah suku Malind. Mereka makan barapen, sisa pohon sagu yang dicampur dengan parutan kelapa. Hidangan ini berakar pada tradisi asli mereka.

Ada juga puluhan bahasa Papua. Beberapa di antaranya berasal dari bahasa Tidore, yaitu bahasa yang digunakan oleh Sultan Tidore. Lainnya diyakini berasal dari bahasa Melayu atau bahasa non-Papua lainnya.

Di dataran rendah utara, sungai terbesar adalah Mamberamo dan Ramu. Sungai-sungai ini mengalir ke Samudra Pasifik. Sungai terbesar di selatan adalah Sepik.

author image

Tentang admin

Anda Mungkin Juga Menyukai

Agen Bonus Terpercaya Game Online
Pantai Terbaik Di Florida
Ahli Dalam Penemuan Benda
Tempat Nongkrong Tanjung Pinang